Monday, April 8, 2013

"Magical Holliday" part 4 : Jalan jalan hemat ke Shenzhen

SHENZHEN adalah kota yang mengundang rasa penasaran dan penuh tantangan buat Me & My Hubby, Penasaran akan pesonanya dan tantangan untuk berkomunikasi.

Sebenarnya Me paling suka tantangan, sesuatu yang berbeda, tapi kata "Memaksakan diri untuk berani", rasanya cukup untuk menggambarkan perasaan Me saat itu, terlebih karena kami membawa My LA pada perjalanan ini. Melakukan persiapan semaksimal mungkin. Hanya itu yang bisa Me lakukan.

DAY 5 - HONGKONG - SHENZHEN (1 Nov 2011)

Rencananya kami pagi ini ingin mengunjungi Kowloon Park, tapi kami bangun kesiangan, jadinya Batal deh... mungkin karena terlalu cape naik tangga di Giant Buddha... terutama kaki... pegel...

Supaya hemat, Kami memilih untuk naik KCR station menuju perbatasan Lo Wu

KCR menuju Lo Wu

08.43

Sampai di Lo Wu

Kami berjalan ke kantor aplikasi Visa On Arrival China di lantai 1 untuk membuat Visa, Biaya pengurusan Visa On Arrival ( VOA) adalah CNY 168, karena kantor pada saat itu masih sepi, maka proses pembuatan Visa berlangsung cepat, sekitar 30 menit, kami sudah selesai mengurus Visa.

Berikutnya  kami mengisi "Arrival card" dan mengikuti antrian yang cukup panjang di Immigrasi Shenzhen

Luo Hu

Selamat Datang di Shenzhen, apa yang kami lakukan berikutnya adalah mengikuti orang orang di depan kami untuk membeli koin untuk menaiki "METRO", nama sebutan MTR di Shenzhen. Untungnya ada fasilitas Bahasa Inggris di mesin ini, jadi sejauh ini kami masih belum menghadapi masalah.

My Hubby beli coin untuk naik Metro

Akhirnya kami sampai di  Lao Jie station, sesuai arahan kami harus mengambil Exit A dan kemudian berjalan menuju Dong Men.

Lao Jie station

Masalah pertama terjadi, kami keluar dari Lao Ji Station dan kami mulai bingung harus ke arah mana kami berjalan, kami tidak melihat satupun petunjuk arah yang bisa kami mengerti.Patokan yang kami buat ternyata tidak dapat digunakan dan kami berputar putar dengan barang bawaan.

Merindukan warga indonesia yang ramah dan penolong, Me & My Hubby berusaha menanyakan alamat hotel kami ke beberapa orang yang lewat di depan kami, dan hasilnya ??? tidak ada seorangpun yang perduli

Cape... duduk di pinggir jalan sambil nunggu My Hubby dapet petunjuk...

Nyerah... hampir 30 menit kami di tempat itu dan tidak mendapatkan jawaban, akhirnya kami memutuskan untuk jalan menuju arah berbeda dari yang tadi kami lalui.
kali ini kami mencari pertokoan dengan harapan penjaga toko tidak akan jalan terus saat kami tanyai (Padahal kami sudah menyiapkan Alamat Hotel dalam bahasa Mandarin dan Fotonya juga loh...)

Yeah... akhirnya berhasil...
Bukan karena alamat, tapi salah satu penjaga toko mengenali foto Hotel yang kami cari, ternyata kami salah pintu keluar... haha... tapi akhirnya kami menemukan pusat perbelanjaan Dong Men.

Lee Garden Hotel

Lapar... dan inilah makanan pertama yang kami makan di Shenzhen (Harga berkisar CNY 4 -10)
Cafetaria Lee Garden Hotel

Belum waktunya untuk Check in, kami sempat menunggu di Lobby hotel selesai makan, sepertinya resepsionis hotel kasihan melihat kami dan mengijinkan kami check in lebih awal.

Sulitnya berkomunikasi sehingga kami tidak mengerti apa yang mereka inginkan dan informasi apa yang mereka berikan, lucunya berkomunikasi dengan bahasa tubuh... untung ada salah satu staff hotel muncul dan ternyata bisa sedikit Bahasa Inggris... Akhirnya...

Kamar Hotel Lee Garden CNY 300 / Mlm

Mandi dan mulai berkeliling... kali ini kami kembali menyusuri pertokoan yang kami lalui tadi, Dong Men - lokasinya di seberang Hotel tempat kami menginap, namun harus menyebrangi jembatan penyebrangan yang panjang... dan lebar...

Berhati hati.. dengan penipuan di jalan. Ada seorang bapak yang mengikuti My Hubby sambil terus menerus menawarkan i phone seharga CNY 2000, kami tidak mengerti bahasanya namun dari bahasa tubuh alias tangannya menunjukan harga handphone tersebut turun hingga CNY 500, wow... mana mungkin...
Cuek dan terus jalan... akhirnya bapak itu berhenti memaksa...

Lonceng besar di Dong Men

Shenzhen Story Photo Plaza

Mie ter-aneh yang pernah kami makan

Berkeliling Dong Men, tampa terasa sudah malam

Makan di pedagang pinggir jalan di belakang dekat hotel

Harga Makanan di Shenzhen jauh berbeda dengan Hongkong, untuk seporsi Kwetiau atau mie goreng di tempat ini harganya hanya CNY 6 atau sekitar Rp.8.000,- dan rasanya enak...

Hari ini kami hanya berkeliling ke daerah Dong Men Market dan mengitari daerah Hotel

22.54

Kembali ke Hotel, melanjutkan makan dan tidur, acara besok tidak sesantai hari ini dan benar benar memerlukan tenaga untuk berjalan kaki.

DAY 6 - SHENZHEN (2 Nov 2011)

07.52
Kami baru keluar dari hotel, memang agak siang, karena rasanya mata, badan dan kaki nga bisa di ajak kompromi untuk beraktifitas sepagi sebelumnya. Tujuan kami adalah makan pagi...

Makan pagi di dekat Lee Garden Hotel (harga berkisar CNY 2 - 6)

Mulai mengenal sedikit area sekitar hotel. Kami lebih percaya diri hari ini... semalam kami menemukan pintu Metro Station di dekat Hotel kami menginap, jadi lebih mudah bagi kami, namun Shenzhen kurang bersahabat bagi Stroller, hanya ada tangga, My hubby terpasksa menggotong Stroller berikut dengan My LA menuruni tangga menuju Metro Station.

Tujuan kami adalah Metro Shijiezhichuang / WOW, walaupun kami menuju WOW namun sebenarnya kami berencana menuju Splendid China & China Folk Cultural Village terlebih dahulu.(menurut informasi tidak terlalu jauh dari WOW) karena kami ingin menikmati malam di WOW.

Keluar dari Metro WOW Station tampa sengaja kami menemukan tempat ini, Apls Ice

Rentetan Cafe menuju Alps Ice

Menanyakan arah menuju  Splendid China & China Folk Cultural Village

Berjalan kaki, dan kami menemukan patung patung lucu ini di pedestrian jalan

Dalam perjalanan, kami masuk ke dalam sebuah museum, namun tidak ada satupun yang kami mengerti di tempat ini, cukup berkeliling dan keluar dalam waktu singkat...

He Xiang Ning Art Musseum

Splendid China & China Folk Cultural Village

Setelah melewati banyak tempat menarik, akhirnya kami sampai di tempat tujuan kami, harga tiket masuk ke tempat ini CNY 140/ orang, tempat lebih banyak memperkenalkan bangunan dan kebudayaan China. Informasi lebih lanjut bisa dibaca di  www.travelchinaguide.com

10.35

Kawasan Splendid China

Area pelataran setelah menuruni tangga masuk

Me, My Hubby & My LA

Menonton pertunjukan kuda, ada baiknya mengecek jam jam pertunjukan dimulai ( GRATIS)

Sepertinya Spendid China terbagi menjadi dua kawasan, pertama kami mengunjungi kawasan dengan bangunan sebesar bangunan asli, dan setelahnya di sisi yang berbeda kami mengunjungi rentetan miniatur miniatur bangunan bersejarah di China. Taman ini sangat luas sekali.

sudah pukul 14.00 dan kami harus berpindah menuju Windows Of The World, dalam perjalanan tadi kami melihat gerbang Metro Station di dekat Splendid China, oleh karena itu untuk menghemat waktu kami memilih untuk naik metro kembali menuju WOW.

Foto lebih lengkap Splendid China - China Folk bisa dilihat DISINI

Windows Of The  World

Berbeda dengan Splendid China, Windows Of The World menyajikan keanekaragaman dunia, ada banyak sekali miniatur bangunan bangunan  bersejarah di dunia yang di buat seperti aslinya, salah satunya adalah candi Borobudur. Tiket masuk menuju tempat ini seharga CNY 140/ orang.

14.31

Gerbang WOW

Jalan-jalan berkeliling WOW

Kumpulan foto-foto di Window Of The World KLIK DISINI

Beli cemilan di KFC sebelum pulang

Menghabiskan malam terakhir kami mengunjungi Shopping park, salah satu mall di Shenzhen

Shopping park Shenzhen

Kembali ke Hotel, kali ini bukan untuk beristirahat, ini malam terakhir kami di Shenzhen dan masih banyak yang harus di lihat dan di beli, terutama untuk oleh oleh. Malam itu Me berpencar dengan My Hubby, Me kembali ke Dong men market sedangkan My hubby & My LA di hotel, walaupun akhirnya keluar juga.

Menu makan malam seharga CNY 2 sampai kepiting seharga CNY 7

Senangnya mengunjungi Shenzhen, harga harga di tempat ini benar benar terjangkau, hanya saja kami perlu gila gilaan menawar, nga jarang dimarahi oleh pedagang, tapi untungnya kami nga ngerti mereka bicara apa... haha... rasanya kalau ngerti bisa sakit hati deh...

DAY 7 - SHENZHEN - HONGKONG - MACAU - SINGAPURA (3 Nov 2011)

Hari ini kami akan berkeliling, selesai membereskan barang barang kami menikmati sarapan pagi terakhir di Shenzhen, rencananya kami ingin membeli kentang di Mc Donald di seberang hotel untuk bekal MY LA, tapi ternyata belum tersedia, jadi kami mencari di tempat lain...

Menu makan pagi terakhir di Shenzhen

Luasnya jembatan penyebrangan di Shenzhen

Nga terasa udah waktunya kembali ke Hongkong, dengan barang bawaan yang lumayan banyak dan berat, kami minta tolong staff hotel untuk memanggilkan taxi, ongkos taxi di sini juga tergolong murah.

dari Luo Hu kami menggunakan rute berbalik dari kedatangan kami.

Hongkong

Beli kopi dan cemilan di Starbucks coffee Hongkong

Karena nga ngerti akhirnya kami nyobain naik kereta di gerbong VIP

Siap siap ngucapin selamat tinggal sama Octopus card

Kami hanya numpang lewat... sesampainya di Hongkong kami segera menuju Hongkong Macau Ferry Terminal untuk menyebrang kembali menuju Macau

Macau

Menunggu pesawat Jet Star yang akan membawa kami ke Singapura, Masih hampir dua jam lagi penerbangan dan kami memilih untuk menghabiskan waktu di bandara dan menikmati makan sore di Macau

Makan sore di Bandara Macau

Siap siap meninggalkan Macau

Selanjutnya kami menuju Singapura
Perjalanan di Singapura akan Me bahas di
"Magical Holliday" part 5 Jalan jalan hemat ke SINGAPURA

= Sampai jumpa di part 5 =

Monday, April 8, 2013

"Magical Holliday" part 4 : Jalan jalan hemat ke Shenzhen

DAY 5 - HONGKONG - SHENZHEN (1 Nov 2011)

Supaya hemat, Kami memilih untuk naik KCR station menuju perbatasan Lo Wu

KCR menuju Lo Wu

08.43

Sampai di Lo Wu

Luo Hu

My Hubby beli coin untuk naik Metro

Lao Jie station

Cape... duduk di pinggir jalan sambil nunggu My Hubby dapet petunjuk...

Yeah... akhirnya berhasil...

Lee Garden Hotel

Cafetaria Lee Garden Hotel

Kamar Hotel Lee Garden CNY 300 / Mlm

Cuek dan terus jalan... akhirnya bapak itu berhenti memaksa...

Lonceng besar di Dong Men

Shenzhen Story Photo Plaza

Mie ter-aneh yang pernah kami makan

Berkeliling Dong Men, tampa terasa sudah malam

Makan di pedagang pinggir jalan di belakang dekat hotel

22.54

DAY 6 - SHENZHEN (2 Nov 2011)

07.52

Makan pagi di dekat Lee Garden Hotel (harga berkisar CNY 2 - 6)

Keluar dari Metro WOW Station tampa sengaja kami menemukan tempat ini, Apls Ice

Beli cemilan di KFC sebelum pulang

Shopping park Shenzhen

Menu makan malam seharga CNY 2 sampai kepiting seharga CNY 7

DAY 7 - SHENZHEN - HONGKONG - MACAU - SINGAPURA (3 Nov 2011)

Menu makan pagi terakhir di Shenzhen

Luasnya jembatan penyebrangan di Shenzhen

dari Luo Hu kami menggunakan rute berbalik dari kedatangan kami.